Benarkah Peralatan Makan Melamin Berbahaya?

Benarkah Peralatan Makan Melamin Berbahaya? Kalau diperhatikan, perlatan makan melamin memang sangat menarik dan sepertinya mampu untuk membangkitkan selera makan yang terpendam. Dengan desain bentuk yang beragam banyaknya serta warna yang digunakan biasanya warna cerah dan eye catching. Selain itu juga bahan banting dan tahan terhadap panas. Menarik memang, jika menggunakan peralatan makan bahan melamin ini serasa makan di restoran atau di hotel bintang lima.

Peralatan Makan Melamin

Peralatan makan melamin ini seperti piring, mangkok, sendok, garpu, gelas, mug, dan lainnya ini memiliki bobot yang ringan.Peralatan makan melamin terbuat dari termoplastik halus ini tidak mudah pecah dan tidak mudah terkena noda makanan. Namun yang perlu di garis bawahi juga adalah peralatan makan melamin ini tidak mampu menyerap panas sehingga tidak cocok diletakkan di dalam oven atau microwave. Meskipun ada yang beranggapan bahwa menggunakan peralatan melamin ini berdampak negatif pada kesehatan dalam jangka panjang, namun hal itu bisa dihindari jika pengguna benar-benar bisa memilih produk melamin yang baik dan benar.

Peralatan makan melamin memang menarik untuk di koleksi dan digunakan bersama dengan keluarga tercinta, serta perawatannya juga mudah. Yang paling penting adalah jangan sampai noda atau lemak makanan menempel terlalu lama di peralatan makan melamin ini. Dan berikut sedikit tips untuk merawatnya yaitu :

1. Campurkan air bersih dengan sabun cuci secukupnya.
2. Letakkan alas piring pada permukaan bak cuci piring untuk mencegah agar piring melamin tidak tergores.
3. Celupkan spons cuci piring pada campuran air bersih dan sabun cuci.
4. Remas-remas spons hingga berbusa. Usapkan spons ke bagian depan dan belakan piring melamin hingga noda lemak dan makanan hilang.
5. Isi bak cuci piring dengan air hangat bersih. Rendam piring melamin di dalam bak cuci piring berisi air hangat. Bilas hingga residu busa hilang. Keringkan piring dengan kain lap lembut sebelum disimpan.

Nah dengan begitu kondisinya akan tetap terjaga dengan bersih dan steril serta aman untuk tetap digunakan sehari-hari. Yang perlu diperhatikan saat membeli peralatan makan melamin adalah :

1. Kode barang

Ketika akan membeli produk peralatan makan melamin, jangan lupa memeriksa kode benda tersebut. Biasanya kode ini terletak pada bagian bawah dari peralatan makan melamin. Melamin yang disarankan adalah memiliki kode PP atau Polyprophylene. PP merupakan bahan pembuat plastik dan melamin yang aman untuk digunakan. Selain itu, pilih juga peralatan makan yang memiliki tanda “BPA free”, atau “non-BPA”.

2. Kondisi barang

Meskipun kode wadah melamin tidak bisa menjamin kesehatan 100%, karena kuman dan bakteri mungkin saja masih bisa bersarang di dalamnya. Segera ganti atau buang jika mendapati peralatan makan melamin rusak atau tergores.

3. Warna

Perhatikan juga warna dari produk peralatan makan melamin. Yang aman untuk dipakai adalah bercirikan berwarna jernih dan tidak berawan. Pilihlah memiliki ciri-ciri lebih ringan, mengilap, jernih, kandungan plastiknya transparan, serta daya tembus uapnya rendah.

4. Usia barang

Usia pemakaian peralatan melamin yang aman dipakai maksimal sekitar enam bulan. Namun itu juga tergantung dari cara penggunaan, perawatan, dan kondisi barang.

Nah demikianlah sedikit tips mengenai penggunaan dan cara merawat peralatan makan melamin. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semoyo Endo © 2017 Frontier Theme