Software Rekaman Untuk Menyalurkan Hobi Musik Kamu

Software rekaman atau DAW sangat memungkinkan dan membantu untuk menyalurkan hobi kamu dalam bermusik. Sehingga kamu juga dapat memiliki studio rekaman pribadi dengan budget minimalis tanpa mengurangi sisi musikalitas kamu. Dan bahkan dengan software rekaman ini juga memungkinkan kamu untuk membuat musik tanpa memiliki alat musik.

Saat ini kita berada pada era dimana semuanya serba digital. Belanja saja bisa lewat internet atau online, mencari segala informasi bisa langsung tanya ke Mbah Google, belum lagi mencari ojek hanya dengan menggunakan smartphone saja. Canggih.

Demikian pula halnya dengan musik. Bergesernya jaman dari musik analog ke musik digital sangatlah menggembirakan bagi kamu yang doyan banget ngulik musik. Bagaimana tidak, dengan adanya DAW atau software rekaman ini kamu bisa menciptakan lagu atau musik sendiri di rumah. Bahkan impian untuk mempunyai studio rekaman pribadi juga bukan hal yang muluk-muluk lagi.

Software Rekaman yang Bisa Menjadi Pilihan

Dengan berbekal laptop dan DAW / software rekaman serta sedikit pemahaman tentang musik, kamu sudah bisa berkreasi tanpa batas untuk menciptakan karya musikmu sendiri.

Software rekaman/DAW ini sendiri dapat mengakomodir semua genre musik lho. Kamu suka dengan genre pop, rock, hip hop, akustik, elektrik, semua bisa dikerjakan dengan DAW ini. Dan kabar baiknya, diantara DAW tersebut ada yang gratisan. Mantap jiwa.

Meskipun gratisan, software rekaman musik ini tidak bisa dipandang sebelah mata lho. Karena kualitas musik yang dihasilkan juga istimewa bahkan telah digunakan oleh musisi-musisi handal untuk menghasilkan karya mereka. DAW gratisan dan berbayar yang dapat kamu coba adalah :

1. Adobe Audition

Sebelumnya Adobe Audition dikenal dengan nama Cool Edit Pro, yang dikembangkan oleh Robert Ellison dan David Johnston. Keduanya pernah bekerja di pengembang software raksasa ternama yaitu Microsoft. Adobe Audition merupakan salah satu software pengedit audio profesional yang memungkinkan kamu untuk merekam audio. Dengan software ini kamu bisa merekam dari banyak sumber audio secara bersamaan.

Ini merupakan salah satu keunggulan dari software rekaman Adobe Audition, karena tidak banyak software audio profesional yang dapat melakukan hal ini. Misalnya saja kamu ingin merekam suara vokal, suara gitar, atau suara piano dan menyatukannya sebagai alunan musik yang indah.

Software rekaman ini juga memiliki mixer full digital yang dapat berguna untuk mengatur levels, dan parameter lainnya dari berbagai audio track secara bersamaan. Dan ini merupakan hal-hal yang penting dalam hal merekam audio secara profesional. Tutorialnya dapat kamu temukan di Google.

Software ini juga mengakomodir kebutuhan kamu dalam untuk membuat bermacam-macam efek. Efek suara tersebut seperti efek perlambatan suara, pembalikan suara, distorsi, dan masih banyak lagi. Semua fitur efek suara ini memudahkan kamu untuk mendapatkan suara seperti yang anda inginkan.

Jika kamu suka dengan video editing, kamu juga bisa memanfaatkan Adobe Audition sebagai pendamping dalam memproduksi video. Software edit video diantaranya adalah Adobe Premiere dan After Effect.

2. Audacity

Software rekaman Audacity merupakan software open source dan tersedia secara gratis yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2000. Audacity merupakan software digital audio editor dan bukanlah digital audio workstation karena tidak mempunyai data audio.

Jadi fungsi utama dari software rekaman Audacity ini adalah untuk memanipulasi data audio sehingga dapat membantu kamu dalam mengatur berbagai macam bunyi nada.  Dengan begitu kamu dapat meracik sebuah komposisi yang enak di dengar.

Fitur yang dimiliki oleh Audacity ini antara lain level meter, rekaman multi-track, tingkat sampel hingga 384KHz dan kedalaman 32-bit, ekspor penuh dalam format AIFF dan FLAC. Selain itu Audacity juga mempunyai kemampuan undo-redo yang tak terbatas, penghapus noise, perubahan tempo dan nada, dan yang lainnya.

3. FL Studio Image Line

FL Studio atau yang sebelumnya di kenal dengan nama Fruity Loops bisa menjadi software rekaman atau Digital Audio Workstation favorit. Termasuk Saya yang masih menggunakan software rekaman yang satu ini. Yup, FL Studio memang disukai oleh para pemula untuk belajar musik digital. Saya menggabungkan FL Studio ini dengan keyboard controller Behringer UMX 490. Silahkan baca juga artikel keyboard controller murah untuk pemula.

Fitur yang ada pada FL Studio ini sangat lengkap sehingga sudah lebih dari cukup untuk pemula. Di samping itu kamu juga masih dapat menambahkan plugin efek maupun vst, misalnya EZ Drummer, Guitar Rig, dan sebagainya.

Software Rekaman
Software Rekaman

FL Studio saat ini juga dikembangkan untuk versi mobile, sehingga kamu dapat menggunakan software rekaman ini di smartphone Android. Jadi, kapan saja dan di mana saja dapat menciptakan sebuah instrument musik hasil karya sendiri.

Dengan FL Studio kamu dapat menciptakan kreasi musik bahkan saat kamu tidak memiliki satupun alat musik. Karena kamu dapat membuat sendiri alunan musik langsung pada software rekaman ini. Misalnya saja membuat beat drum, melodi, piano, dan lainnya.

4. Cakewalk Sonar

Software rekaman Cakewalk Sonar sudah dibekali data audio sehingga kamu dapat menggunakan synthesizer bawaan untuk ‘kloning’ suara instrumen analog seperti drum, keyboard, gitar, bass, dan lain sebagainya. Cakewalk Sonar sangat populer di kalangan musisi analog untuk mempercantik suara instrumennya. Jika kamu masih pemula juga bisa menggunakan software yang satu ini.

5. Ableton Live

Software rekaman Ableton Live telah hadir sejak tahun 2001 dan menawarkan fitur komposisi musik dari tahap pembuatan hingga mastering. Antarmuka dari softwareAbleton Live juga memudahkan kamu dalam membuat komposisi  instrumen tanpa terganggu tampilan instrumen digital yang berantakan. Kamu juga bisa mengintegrasikan software rekaman Ableton Live ini dengan perangkan midi atau keyboard controller yang kamu miliki.

6. Steinberg Cubase

Steinberg Cubase merupakan salah satu software rekaman dan pengolah audio / midi yang memungkinkan kamu membuat rekaman musik yang profesional. Software DAW ini diluncurkan pada tahun 1989 sehingga bisa dianggap senior dikalangan DAW lainnya. Dan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menghasilkan karya musik. Karena Steinberg Cubase sudah memiliki reputasi positif di kalangan produser musik di level profesional.

Software rekaman Steinberg Cubase juga menawarkan kompleksitas fitur yang dapat kamu eksplorasi. Menciptakan dan memproduksi musik dari tahap awal sampai tahap mastering dapat kamu kerjakan di software ini. Kamu juga dapat menambahkan VST dari pihak ketiga di software rekaman ini.

Steinberg Cubase mempunyai fitur yang menarik yaitu pitch correction yang berfungsi untuk menangani frekuensi yang fals. Pitch Correction ini berguna dalam hal memperbaiki suara vokal yang fals dan menambahkan harmoni vokal.

Dalam membuat aransemen musik menggunakan MIDI, kamu juga dapat mengaturnya sehingga dapat terdengar lebih renyah dengan mengatur dinamika, staccato, pizzcato.

7. Apple Logic Pro

Bagi kamu yang menggunakan produk Apple seperti MacBook Pro, software rekaman Apple Logic Pro bisa jadi pilihan software DAW yang tepat. Hasil karya kamu langsung di ekspor dari ke GarageBand dengan mudah sebab memang didesain di sesama produk Apple. Dengan menyediakan anggaran untuk membeli Apple Logic Pro, kamu dapat bereksplorasi dengan musik dengan selera genre musik kamu.

8. Propellerhead Reason

Software rekaman Propellerhead Reason telah di kenal sejak tahun 2000. Software ini antarmukanya sedikit rumit (menuru Saya). Karena terdapat kabel-kabel digital di tampilannya, namun software ini sangat cocok buat level dewa nih.

Propellerhead Reason menawarkan instrumen all-in-one, sehingga kamu bisa mengulik instrumen VST (virtual synthesizer) untuk memproduksi suara apapun yang bahkan tidak terbayangkan seblumnya.

Jangan lewatkan artikel ini ya :

Jaman sudah berubah, perkembangan teknologi digital sudah merambah ke segala sisi kehidupan termasuk juga dalam hal bermusik. Nah, dari beberapa software rekaman di atas, manakah yang menjadi pilihan kamu? Selamat berkarya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!