Cara Mudah Membuat Sendiri Stiker WhatsApp Keren

Stiker WhatsApp menjadi daya tarik tersendiri dari pembaruan aplikasi ini. Di samping pengguna dapat menggunakan stiker yang sudah ada atau stiker bawaan, pengguna juga dapat membuat dan menciptakan sendiri stiker yang unik untuk percakapan WhatsApp.

Kamu bisa menggunakan foto sendiri, wajah, atau objek lainnya hanya dengan sedikit melakukan pengeditan. Silahkan baca juga Aplikasi edit foto terbaik untuk Android.

Membuat Stiker Foto Sendiri di Whatsapp

Sebelum menggunakan fitur terbaru dari Whatsapp yaitu pengguna bisa membuat stiker dengan foto sendiri, pastikan kamu sudah melakukan pembaharuan aplikasi Whatsapp ya.

Jika kamu kurang yakin dengan versi aplikasi Whatsapp yang kamu gunakan, kamu bisa cek dengan cara pilih menu di pojok kanan atas. Pilih “Setting” -> “Help” -> “App Info“.

Aplikasi Whatsapp yang sudah mendukung untuk penggunaan stiker adalah versi 2.18.339 ke atas. Jadi, jika masih menggunakan versi di bawah itu segera lakukan update terlebih dahulu di Google Play Store.

Stiker WhatsApp
Stiker WhatsApp

Adapun di sini Saya menggunakan setidaknya dua aplikasi untuk membuat stiker Whatsapp yaitu :

  • Background erase
  • Personal Stickers for WhatsApp
  • PicArt (tambahan)

Nah, cara membuat stiker dengan foto sendiri di WhatsApp langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut :

1. Siapkan foto atau gambar sendiri

Pertama-tama, yang harus kamu siapkan adalah foto wajah kamu, atau gambar lainnya yang ingin dijadikan stiker WhatsAp. Siapkan saja minimal ada tiga buah foto atau gambar yang akan di edit stiker.

Mangapa harus tiga gambar?

Karena nanti pada saat memasukkan stiker yang kita buat ke dalam aplikasi WhatsApp, hanya bisa dilakukan jika terdapat minimal ada tiga buah gambar. Jika kurang dari itu maka tidak bisa untuk memasukkannya ke dalam aplikasi percakapan WhatsApp.

2. Hapus background foto

Kemudian, untuk bisa dijadikan stiker di aplikasi Whatsapp foto tersebut harus memiliki background transparan. Caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi background eraser yang banyak tersedia di Google Play Store.

Sedikit tips agar lebih mudah dalam membuat background foto menjadi transparan adalah pada saat mengambil foto dengan warna latar belakang polos, misalnya tembok warna putih.

Baiklah, sebagai panduan dalam menghapus background foto adalah dengan menggunakan aplikasi background erase dari Mediacoding, caranya adalah sebagai berikut :

  • buka aplikasi background erase lalu pilih ikon “Eraser”, kemudian pilihlah foto yang ingin dijadikan stiker Whatsapp. Di bagian bawah ada beberapa tool yang bisa dimanfaatkan, termasuk juga tool otomatis yang sangat mudah digunakan untuk menghilangkan latar belakang.
  • Kamu bisa menghapus background dengan cara manual atau dengan menggunakan tool yang ada. Dan pastikan background dari foto tersebut terhapus secara merata agar nantinya dapat ditampilkan dengan baik di WhatsApp.
  • Jika sudah selesai mengedit, klik tanda centang pada pojok kanan atas dan foto akan tersimpan secara otomatis dalam format png.

3. Menambahkan teks

Sampai tahap ini berarti sudah ada foto dengan background transparan dengan file berformat png. Untuk menambah keren stiker WhatsApp, kamu juga bisa menambahkan kata pada stiker tersebut.

Pada aplikasi background erase juga ada fitur untuk menambahkan teks pada gambar, namun kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi PicArt untuk urusan ini.

4. Memasukkan stiker ke aplikasi WhatsApp

Selanjutnya adalah saatnya untuk menggunakan gambar atau stiker yang sudah di edit tadi pada aplikasi WhatsApp. Namun sebelum itu ada satu lagi tahapan yang harus dilewati yaitu memasukkan gambar/stiker tadi ke dalam aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Untuk caranya adalah buka aplikasi WhatsApp versi terbaru kemudian pilihlah satu kontak yang ada. Jika sudah terbuka menu percakapannya sentuh tombol atau logo stiker pada bagian bawah aplikasi deretan paling kanan.

Selanjutnya akan terbuka stiker cangkir yang sudah terpasang secara default. Untuk menambahkan stiker yang kita buat tadi cukup sentuh tanda + pada bagian atas kanan.

Akan terbuka banyak sekali stiker bawaan dari aplikasi Whatsapp ini, gulir terus sampai paling bawah, temukan dan sentuh tulisan “Get more stickers”.

Jika sebelumnya kamu belum mempunyai aplikasi Personal Stickers for WhatsApp, maka kamu akan di bawa menuju ke Google Play Store yang menyajikan daftar aplikasi dengan kata kunci “WAStickerApp“.

Dalam hal ini, Saya meggunakan aplikasi Personal Stickers for WhatsApp buatan Stukalov. Kamu juga bisa memilih dan menggunakan aplikasi ini dan pasang di smartphone.

Artikel menarik lainnya :

5. Menambahkan stiker

Sesudah aplikasi Personal Stickers for WhatsApp terpasang, bukalah aplikasi tersebut. Akan ditampilkan gambar-gambar yang berformat png (ekstensi *.png) yang terdapat pada memori smartphone kamu, termasuk gambar yang telah di edit tadi.

Selanjutnya kamu pilih tombol “Add” pada bagian gambar editan tadi untuk stiker WhatsApp. Jika proses ini sudah selesai, maka gambar-gambar yang telah di edit tadi bisa digunakan dalam percakapan WhatsApp.

Nah, sekarang kamu bisa berkreasi dalam menciptakan stiker WhatsApp yang kreatif, unik dan keren sendiri agar percakapan kamu jadi lebih menarik dan berwarna. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!