Youtube Sebagai Lahan Potensial Untuk Media Promosi

Youtube sebagai media berbagi video semakin lama semakin banyak penggunanya, baik pengguna terdaftar maupun pengguna yang belum mempunyai akun. Banyaknya video yang tersedia menandakan antusiame yang tinggi dari penggunggah video maupun dari penonton.

Dan dari Youtube telah melahirkan banyak sekali Youtubers Indonesia yang telah meraih sukses melalui video-videonya. Hal ini seiring dengan semangat mensukseskan pertumbuhan industri kreatif serta ekonomi kreatif.

Youtubers sukses tersebut telah mendapatkan banyak penghasilan yang menyadarkan kita bahwa untuk sukses itu tidak harus menjadi PNS, atau harus bekerja di perusahaan ternama. Menjadi Youtubers pun dapat menjadikan rekening tabungan semakin gendut.

Apa modal dari para Youtubers tersebut hingga bisa meraup kesuksesan? Tentu jawabannya adalah karena mereka memiliki konten video yang berkualitas.

Apakah video yang berkualitas tersebut dihasilkan dengan cara asal-asalan? Tentu tidak karena video tersebut telah melewati proses editing agar terlihat lebih menarik sehingga penonton tidak merasa bosan ketika melihatnya. Namun bukan berarti proses editing tersebut menghilangkan makna yang terkandung dari video itu sendiri.

Saya menggaris bawahi konten video yang berkualitas, bagaimana cara membuatnya, bagaimana proses editingnya, dan bagaimana cara agar terampil dalam mengolah file video. Jadi Saya tidak membahas bagaimana cara untuk menjadi Youtubers sukses ya. Karena para master Yotubers telah banyak yang membagikan kiat-kiat suksesnya.

Menguasai video editing bukan hanya untuk bertujuan menjadi Youtubers saja, namun karena tuntutan dari perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

Sekarang ini orang cenderung lebih suka menonton video daripada hanya melihat gambar dan tulisan ketika sedang mencari sebuah tutorial, komparasi produk, dan yang lainnya. Dan Youtube menjadi rujukan ketika membutuhkan itu semua.

Nah, jika kamu kamu merupakan salah satu dari sekian banyak pelaku bisnis online, pemilik produk atau barang maupun jasa sudah saatnya untuk merambah Youtube dalam rangka melebarkan sayap pemasaran. Lalu, bagaimanakah caranya memanfaatkan Youtube sebagai media promosi?

Mengapa harus Youtube?

Youtube dikembangkan pada awal tahun 2005 yang merupakan layanan hosting video sehingga pengguna bisa saling berbagi video yang unik dan menarik.  Beragam informasi dari jutaan video tersedia di Youtube yang siap di akses kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu tidak heran jika pengguna Youtube semakin meningkat dari hari ke hari sehingga menjadikannya sebagai sosial media paling populer di Indonesia.

Sosial media populer
Sosial media populer

Mungkin diantara kamu masih ada yang beranggapan bahwa mengakses Youtube berarti mencari hiburan, seperti untuk menonton video klip lagu dan trailer film. Namun sekarang keberadaan Youtube bukanlah seperti itu lagi. Youtube bukan hanya sebagai media hiburan semata, namun juga sebagai media belajar, dan media untuk mendapatkan beragam informasi.

Dengan melihat infografik di atas, maka berpromosi di Youtube membuka peluang yang besar untuk memperluas jangkauan target market.

Memanfaatkan Youtube sebagai media promosi

Di era teknologi digital ini kita di tuntut harus lebih kreatif agar tetap dapat mengikuti arus perkembangan jaman. Untuk mempromosikan suatu produk dengan cara konvensional sudah tidak saatnya lagi. Teknik pemasaran konvensional jangkauan promosi hanya bersifat lokal saja, namun dengan memanfaatkan internet jangkauannya akan lebih luas lagi. Tidak hanya berskala nasional, namun di seluruh dunia.

Keberadaan sosial media harus kita manfaatkan untuk menyebarkan informasi produk yang kita pasarkan. Facebook, BBM, Twitter, Instagram, Line menjadi sosial media yang biasa digunakan untuk media promosi bisnis online. Ada pula dengan cara bergabung dengan marketplace besar di Indonesia. Selain itu media promosi yang di tempuh adalah dengan membuat sebuah blog atau dengan membangun toko online sendiri. Apapun upaya akan dilakukan untuk membesarkan usaha dan bisnis. Betul?

Banyak alasan mengapa harus merambah Youtube untuk memperluas target promosi. Selain karena menjadi sosial media yang paling digunakan di Indonesia, di bawah ini adalah beberapa alasan lainnya yaitu :

  • Pengguna Youtube yang meningkat setiap harinya
  • Dapat di akses 24 jam
  • Hampir semua informasi yang kita butuhkan tersedia
  • Berpromosi di Youtube, hampir menyamai dengan beriklan di TV

Bagaimana caranya?

Untuk mendongkrak penjualan dengan memanfaatkan Youtube sebagai media promosi, hal penting yang harus kamu miliki adalah konten video. Yup, modal yang harus dimiliki adalah konten video yang berkualitas. Video yang unik dan kreatif akan dapat menarik minat dari calon pembeli, atau bahkan pengguna Youtube yang awalnya tidak berniat untuk membeli barang yang kamu tawarkan.

Jadi buatlah video promosi kamu tersebut seperti “bernyawa” yang dapat menggerakkan hati penonton jadi tergelitik untuk segera membeli produk kamu.

Lalu, apa yang harus Saya lakukan?

Yang harus dilakukan adalah segera take action. Siapkan produk yang akan kamu promosikan, pilih lokasi yang cocok untuk pengambilan gambar. Setelah itu buatlah video yang bisa menggunakan kamera, bisa juga menggunakan kamera smartphone, tonjolkan poin-poin kelebihan dari produk tersebut.

Setelah selesai kamu bisa langsung mengunggahnya ke chanel Youtube kamu (asumsinya kamu sudah mempunyai chanel Youtube). Namun akan lebih maksimal jika sebelum mengunggahnya, kamu terlebih dahulu melakukan editing pada video kamu.

Hal tersebut bertujuan agar video menjadi lebih berkualitas dan terlihat profesional, sehingga lebih mudah menarik minat dari calon pembeli. Untuk mengolah video, kamu bisa menggunakan software populer seperti di bawah ini :

  • Adobe after effect
  • Adobe Premiere Pro
  • Camtasia
  • Vegas Pro
  • Windows Movie Maker
Aahhh, Saya awam dengan nama-nama software tersebut, apalagi untuk menggunakannya. Apakah ada alternatif lainnya?

Memang, menggunakan software video editing seperti di atas tersebut dapat menjadikan hasil video lebih bagus, sehingga nantinya akan membuat penonton merasa nyaman dan tertarik dengan apa yang di bahas pada video itu sendiri.

Saya sendiri juga akan langsung beralih ke video lainnya jika video yang Saya lihat terkesan monoton, buram, dan tidak menarik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk belajar menggunakan software edit video ya.

Jika kamu sudah familiar dengan software-software di atas, maka tidak akan ada masalah pada tahapan ini. Namun jika kamu masih awam dan tidak bisa sama sekali untuk melakukan editing video, janganlah menyerah. Ini bukan akhir dari segalanya..!

Juga jangan pesimis, selalu kobarkan semangat membara untuk menjemput rejeki. Dan yang terpenting selalu membuka diri untuk selalu belajar akan hal-hal yang baru, jangan menutup diri untuk hal-hal yang positif. Ibarat pepatah, “selalu kosongkan gelas agar gelas dapat menampung air kembali”.

Baiklah…

Alternatif lainnya kamu bisa menggunakan Powerpoint untuk mengolah video kamu. Jika kamu pemula seperti Saya, menggunakan Powerpoint akan sangat membantu untuk menjadikan video kamu menjadi lebih baik. Jika dengan Powerpoint kamu juga merasa pas-pasan dalam menggunakannya, tidak ada salahnya untuk segera mengambil kursus video editing untuk mengasah ketrampilan kamu dalam mengolah video promosi.

Dan Dumet School sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin mengambil kursus video editing. Sebagai lembaga kursus yang bergerak di bidang pendidikan, Dumet School  melayani kursus pengembangan website, digital marketing, dan desain grafis.

Jika kamu mempunyai kesibukan atau rutinitas harian, kamu dapat memilih jam kursus yang sesuai dengan waktu luangmu. Karena di Dumet School peserta bebas memilih jam kursus seperti yang diinginkan.

Sebuah kursus tidak akan efektif jika dalam kelas terdapat banyak peserta. Oleh karena itu, Dumet School menerapkan metode semi privat untuk proses belajar mengajarnya. Bahkan kursus akan tetap dilaksanakan meskipun peserta hanya satu orang saja. Wuuiihh.

Alasan memilih Dumet
Alasan memilih Dumet

Tidak hanya itu saja, kamu akan di bimbing hingga mahir dalam mengolah video, tanpa batasan waktu kursus. Dan jika suatu saat kamu menemukan kendala atau ingin berkonsultasi, Dumet School melayani konsultasi secara gratis selamanya meskipun kamu sudah dinyatakan lulus. Sangat menarik kan.

Materi yang diajarkan pada kursus motion graphic ini adalah Belajar membuat Bumper Opening Video, Video Promosi untuk Iklan di Youtube, Facebook, dan juga di Instagram.

Khusus untuk kursus video editing di Dumet School, para peserta kursus akan diberikan fasilitas-fasilitas yang menarik sehingga sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Fasilitas yang diberikan adalah :

  • Materi Motion Graphic dengan menggunakan software After Effect
  • Diberikan akses belajar sepuasnya hingga membuahkan sebuah hasil karya
  • Diberikan akses ke iLab yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun
  • Peserta dapat mengulang kelas (reseat) sepuasnya
  • Sertifikat Motion Graphic dengan nomor izin diknas
  • Gratis konsultasi selamanya
  • Mendapatkan support seumur hidup

Dumet School telah mempunyai 5 cabang agar peminat kursus video editing lebih mudah untuk menemukannya. Untuk mendaftar sebagai peserta yang mempelajari motion graphic, atau berminat untuk mencoba daftar free trial-nya, kamu dapat mengunjungi salah satu kantor DUMET School di bawah ini :

1. Kelapa Gading

Rukan Artha Gading Niaga Blok i – 23, Jalan Boulevard Artha Gading Kelapa Gading, Jakarta Utara – (021) 4585-0387

2. Grogol

Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23 Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat – (021) 2941-1188

3. Tebet

Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam Jaksel – (021) 2298-3886

4. Srengseng

Ruko Permata Regensi Blok B – 18, Jalan Haji Kelik Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat – (021) 5890-8355

5. Depok

Ruko Jalan Kartini Raya No. 53 Pancoran Mas, Depok – (021) 7720-7657

Kamu juga bisa menghubungi Dumet School di masing-masing cabang kantor dengan melalui email, SMS, atau WA di bawah ini :

lokasi Dumet School
Nomor Kontak Dumet School

Lulusan dari Dumet School tercatat sudah lebih dari 8.000 orang yang terdiri dari berbagai status dan profesi, seperti pelajar sekolah, mahasiswa, guru, dosen, staff profesional, freelancer, dan lainnya. Tunggu apalagi, segera ambil kesempatan emas ini untuk mengembangkan bisnis usaha kamu bersama Dumet School ya.

Tips berpromosi produk di Youtube

Youtube sebagai media berbagi video sangat memungkinkan pengguna untuk memperkenalkan produk-produk yang kita jual ke pasaran. Di samping produk akan dapat di kenal secara luas, juga berpotensi untuk memperluas target market produk itu sendiri. Hasilnya?

Pastinya akan dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan juga akan berlipat. Siapa yang tidak tertarik dengan kondisi yang demikian? Pasti semua orang menginginkannya, termasuk Saya. Nah berikut ini beberapa tips dalam membuat video promosi untuk diunggah di Youtube, yaitu :

  • Buatlah video yang unik dan menarik
  • Tampilkan produk yang ditawarkan dengan detil
  • Sampaikan dengan jujur mengenai semua hal tentang produk tersebut
  • Ambil spot dan angle yang pas, termasuk juga pencahayaan
  • Berikan deskripsi produk yang jelas
  • Jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi


 Contoh hasil belajar motion graphic

Kini sudah saatnya untuk beralih ke dunia digital yang mana dalam memasarkan produk dan jasa harus menggunakan media-media digital juga. Calon pembeli diluaran sana akan merasa dimanjakan dengan tampilan produk kamu yang di kemas dalam video yang menarik. Jadi calon pembeli seolah-olah melihat barang secara langsung.

Jadi sudah siapkah kamu untuk menggarap lahan yang sangat potensial untuk mempromosikan produkmu? Sudah siapkah kamu menerima gempuran order dari Youtube? Kuy, segera bergabung di kursus video editing Dumet School ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!